Kamis, 13 Juni 2013

Tunggu Satu Tahun Lagi, Jokowi Baru Layak Nyapres


 Tunggu Satu Tahun Lagi, Jokowi Baru Layak Nyapres

JAKARTA - Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) saat ini dirasa belum mampu untuk menjadi calon presiden (capres), walaupun namanya selalu masuk dalam bursa dari lembaga survei.

Menurut pengamat Politik Universitas Gadjah Mada Ari Dwipayana, orang nomor 1 DKI ini belum selesai urusannya dengan ibukota negara ini. Namun, jika memang dalam satu tahun ke depan Jokowi mampu menjalankan kebijakan yang pro rakyat, sudah pasti dia bisa masuk bursa capres 2014.
 "Kalau pertama kita lihat dari apa yang dilakukan Jokowi belum sampe setahun jadi saya kira harus dilihat ada satu tahun ke depan, apakah Jokowi konsisten melakukan banyak hal yang dijanjikan saat kampanye pilkada kemarin untuk buat kebijakan pro rakyat," kata Ari, saat berbincang dengan okezone, Rabu (12/6/2013) malam.

Keberhasilan Jokowi mampu memimpin membenahi Jakarta, sambung dia, meupakan satu nilai lebih untuk modal nyapres. Alasannya, tidak mudah memimpin jakarta yang multietnis ini.

"Masih ada waktu Jokowi untuk tunjukan performa, kalau setahun ini bagus dan konsisten dan tak ada kesalahan, tentu banyak yang berharap dia jadi capres," sambungnya.Lebih lanjut, Ari memperkirakan, trend capres 2014 mendatang yang akan muncul merupakan capres alternatif, dalam artian rakyat sudah bosan dengan tokoh-tokoh lama yang selalu berkutat di tampuk kepemimpinan.

"Calon alternative yang cocok, sebab kejenuhan rakyat dengan calon-calon yang ada. Lu lagi-lu lagi. Kejenuhan dengan tokoh stok lama, pemilih cari alternatif. Jokowi alternatifnya," ujarnya.

"Kalau dia (Jokowi) berhasil di Jakarta, itu semacam modal, nilai plus untuk dia," tambahnya.
(cns)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar